GERD Bukan Penghalang saat Puasa, Ikuti Tips Berikut!

GERD Bukan Penghalang saat Puasa, Ikuti Tips Berikut!

Menjalani puasa selama sebulan penuh bagi orang yang sehat mungkin bukanlah sebuah masalah. Namun, bagi penderita GERD, kekhawatiran akan naiknya asam lambung bisa saja timbul. Perasaan cemas menghantui, jangan-jangan akan bertambah parah. Lalu, apakah aman GERD saat puasa?

Menjadi hal yang wajar bagi penderita GERD jika merasa cemas saat menjalani puasa, mereka harus menahan diri dari makan dan minum selama hampir 14 jam. Ini berarti, mereka juga tak dibolehkan untuk meminum obat-obatan sama sekali. Untungnya, ada beberapa tips agar mereka bisa puasa dengan lancar!

GERD Bukan Penghalang saat Puasa

GERD saat Puasa Bukan Penghalang

Ada sebuah penelitian menarik yang terbit di Acta Medica Indonesiana pada tahun 2016 silam. Penelitian ini mencoba mengungkap manfaat puasa dalam meredakan gejala asam lambung. Studi ini melibatkan 130 partisipan penderita GERD dengan 66 diantaranya sedang menjalani puasa Ramadan.

Hasilnya sangat mengesankan, mereka yang berpuasa melaporkan gejala GERD yang lebih ringan daripada mereka yang tidak berpuasa. Pola makan dan gaya hidup saat berpuasa disinyalir menjadi faktor yang berkontribusi pada hasil tersebut. Hal ini tentu bukan sesuatu yang membuat kaget.

Puasa membantu mengatur jadwal makan dengan teratur, yaitu saat sahur dan berbuka. Tak hanya itu, puasa juga mengurangi kecenderungan untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat selama sehari penuh, seperti cokelat, keju, hingga gorengan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Puasa juga menjadikan kebiasaan merokok cenderung berkurang. Mengubah asupan makan dari tiga kali menjadi dua kali dalam sehari juga membantu membatasi kalori yang masuk ke tubuh dan mengurangi kadar radikal bebas yang berbahaya. Terlebih, puasa bisa mengontrol kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Selain bermanfaat secara fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Bagi umat Islam, puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, lebih-lebih juga melatih diri untuk mengendalikan emosi dan hawa nafsu. Hal ini bisa memberi ketenangan jiwa, mengurangi stres, dan otomatis juga akan mengurangi risiko produksi asam lambung.

Tips Puasa untuk Penderita GERD

Perut Sakit saat Batuk

Sekarang, asam lambung tidak lagi menjadi alasan untuk tidak berpuasa. GERD saat puasa tidak akan mengganggu aktivitas dan ibadah kita. Justru sebaliknya, puasa terbukti dapat meringankan gejala GERD yang parah pada hari biasa. Namun, ada beberapa tips agar puasa semakin lancar!

1. Jangan Lewatkan Sahur

Tidak mengonsumsi sahur bisa memperburuk kondisi asam lambung di siang hari karena perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama. Untuk itu, penting banget untuk bangun tepat waktu, cobalah mengakhirkan sahur tepat sebelum batas waktu habis. Sahur akan memberikan energi selama puasa, juga akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

2. Segerakan Berbuka

Setelah menjalani puasa selama 14 jam tanpa makanan, minuman, dan obat-obatan, penting untuk menyegerakan berbuka saat waktunya tiba. Perut butuh waktu untuk mencerna makanan, untuk itu jangan menunda-nunda waktu berbuka. Dengan begitu, asam lambung yang ada bisa digunakan oleh tubuh untuk segera mencerna makanan.

3. Batasi Porsi

Hindari makan secara berlebihan, walau rasa lapar dan dahaga sudah tidak tertahankan lagi. Waktu berbuka bukanlah ajang balas dendam setelah seharian menahan lapar. Perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Porsi besar justru hanya akan memicu peningkatan asam lambung.

4. Makan Perlahan

Wajar jika rasanya sangat lapar setelah berpuasa sepanjang hari. Namun, jangan sampai hal ini membuat tergesa-gesa dalam mengunyah makanan dengan baik. Aktivitas makan tanpa kunyah yang benar justru dapat meningkatkan produksi asam lambung. Mengunyah makanan akan memudahkan tubuh untuk menyerap gizi serta kerja pencernaan dalam mengurainya.

Penutup

Susu Kambing Merapi Gold

BELI SEKARANG

GERD tidak mengganggu semua aktivitas kita saat puasa. Dengan beberapa tips di atas, puasa bisa dijalani dengan penuh khidmat, ibadah jadi semakin khusyuk. Namun, jangan biarkan asam lambung begitu saja, bantu redakan dengan Susu Kambing Merapi. Dengan susu kambing etawa murni yang bersifat basa, bantu tumpas asam lambung dengan nikmat dan aman!

Bukan Susu Kambing Biasa

Lebih Berkhasiat

Tidak hanya lezat, Susu Kambing Merapi juga berkhasiat. Beberapa keluhan penyakit terbantu dengan minum Susu Kambing Merapi.